BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Perkembangan pendidikan yang pesat di dunia menuntut adanya persaingan yang sangat ketat yang ditopang perkembangan teknologi dan informasi yang canggih, sehingga untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut membutuhkan seorang guru yang betul-betul siap menghadapinya

Guru harus berlatih menerapkan berbagai konsep pembelajaran yang dihadapi di dalam kelas.  Seorang guru menerapkan pemantapan kemampuan mengajar dengan salah satunya melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar efektif dan efisien agar mengenai seperti pada tujuan pembelajaran.

Pada dasarnya tujuan mengajar adalah untuk mengadakan perubahan yang dikehendaki dalam tingkah laku anak didik.  Perubahan dilakukan seorang guru dengan menggunakan suatu strategi mengajar untuk mencapai tujuan dengan memilih metode pembelajaran yang tepat.
Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti berusaha melakukan perubahan cara mengajar yang sekaligus juga sebagai penerapan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional, yaitu dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Tentang Akar dengan menggunakan metode observasi. Metode observasi atau pengamatan  adalah metode penelitian atau pengamatan yang dilakukan dengan mengamati secara sistematis objek kajian secara langsung terhadap keadaan yang diselidiki. (Siadari, 2001: 4), dengan menggunakan metode observasi diharapkan hasil belajar siswa kelas IV semester I SDN Temu IKecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro tentang akar meningkat. Keberhasilan atau ketercapaian perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil atau tercapai apabila nilai hasil belajar tentang akar rata-rata 65 dan ketuntasan belajar 70 % dari seluruh siswa mencapai nilai 65.Namun kenyataan di lapangan masih sering kita jumpai guru mengajar tidak secara optimal. Guru cenderung melaksanakan pembelajaran dengan cara meraka sendiri tanpa memperhatikan bagaimana anak didiknya dapat menerima masukan atau informasi dari guru. Metode pembelajaran yang dipakai masih metode klasik yaitu ceramah sehingga anak menjadi bosan. Akibatnya target pembelajaran yang diinginkan tidak tercapai. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata Nilai Ebtanas Murni (NEM) Ilmu Pengetahuan Alam yaitu 4.35 di SDN Temu IKecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  yang rata-rata masih rendah bila dibandingkan dengan pelajaran lainnya. Sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV semester I Tahun Pelajaran 2017/2018  SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu 65 juga tidak tercapai. Ini menunjukkan mutu pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  khususnya kelas IV belum baik.

Dari latar belakang permasalahan dalam penelitian tidakan kelas tersebut, maka dapat dirumuskan judul penelitian tindakan kelas sebagai berikut : “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Akar Melalui Metode Observasi Siswa Kelas IV SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  ”.

 Baca Kata Pengantar PTK

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan suatu masalah sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah penerapan metode observasi pada siswa kelas IV semester I SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/2018 ?
  2. Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA tentang akar setelah penerapan metode observasi pada siswa kelas IV semester I SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/20178 ?

 Baca Daftar Isi Penelitian Tindakan Kelas

  1. Tujuan Penelitian

Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan :

  1. Mendiskripsikan penerapan metode observasi pada siswa kelas IV semester I SDN Temu I Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/2018  pada mata pelajaran IPA tentang akar.
  2. Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPA tentang akar setelah penerapan metode observasi pada siswa kelas IV semester I SDN Temu I Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/2018 .

 

  1. Manfaat Penelitian

Berdasarkan pada tujuan penelitian tersebut, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi peneliti, guru dan lembaga sekolah sebagai berikut:

  1. Siswa

Akan memperoleh wawasan, pengetahuan dan meningkatkan pemahaman  siswa sehingga dapat menunjang terjadinya peningkatan hasil belajar.

  1. Peneliti

Menambah pengetahuan dan kemampuan peneliti, meningkatkan kualitas pendidikan terutama pada mata pelajaran IPA tentang akar pada siswa Kelas IV Semester I SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pelajaran 2017/2018  .

  1. Guru Sekolah Dasar

Menambah pengetahuan dan kemampuan para guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui implementasi strategi pembelajaran dengan menggunakan metode observasi pada SDN Temu IKecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro .

 

  1. Lembaga Sekolah Dasar

Sebagai masukan dalam menemukan hambatan dan kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya memperbaiki dan mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas sehingga dapat menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan harapan akan diperoleh hasil belajar yang memuaskan.

Baca Abstrak Penelitian Tindakan Kelas

Bagikan dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *