BAB III

METODE PENELITIAN

  1. Subjek Penelitian
  2. Lokasi Penelitian

Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di SDN Temu  I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro Tahun Pembelajaran 2017/2018.

  1. Waktu

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama tiga bulan mulai bulan September sampai bulan Nopember 2017, sedangkan jadwal pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran adalah sebagai berikut :

No Hari / Tgl Waktu Mata Pelajaran Siklus Perbaikan
1 Senin

24 September  2017

Jam ke 1-2

08.00 – 09.30

IPA I Menyebutkan fungsi akar  tumbuhan

Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya

 

2 Senin

01 Oktober  2017

Jam ke 1-2

08.00 – 09.30

IPA II Menyebutkan jenis-jenis akar

 

Baca BAB I Penelitian Tindakan Kelas

  1. Mata Pelajaran

Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam

Standart Kompetensi           : 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dan fungsinya.

Kompetensi Dasar                : 2.1.   Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.

  1. Kelas

Kelas yang dilakukan perbaikan pembelajaran adalah kelas IV SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 18 terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan.

  1. 5. Karakteristik Siswa

Karakteristik siswa kelas IV SDN Temu I Kecamatan Kanor  Kabupaten Bojonegoro  Tahun Pembelajaran 2017/2018 bermacam-macam, diantaranya ada siswa yang  memahami penjelasan dari guru, ada siswa yang memperhatikan jika diterangkan tetapi sulit dalam menangkap pembelajaran, dan ada siswa yang malas.

 

 Deskripsi Per Siklus

Untuk menyusun rencana perbaikan pembelajaran dan penelitian tindakan kelas, diperlukan beberapa persiapan yang matang yaitu menyusun rencana pelaksanaan tindakan skenario pembelajaran. Dengan demikian pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti akan berjalan lancar sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam hal ini, peneliti berkolaborasi dengan guru lain sebagai teman sejawat untuk menetapkan materi dan strategi pembelajaran agar kualitas pembelajaran lebih baik. Di bawah ini digambarkan rencana alur pelaksanaan tindakan kelas menggunakan metode observasi sebagai strategi belajar.

Baca BAB II Penelitian Tindakan Kelas

  1. Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus I
  1. Perencanaan

Pada tahap perencanaan perbaikan pembelajaran siklus I ini, peneliti mengambil  latar belakang pembelajaran sebelumnya. Dimana guru dominan menggunakan  metode  ceramah dan tanya jawab  saja dalam  pembelajaran dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana dalam proses KBM. Guru juga tidak bisa menguasai kelas. Maka dari itu peneliti akan mengoptimalkan  perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode observasi.

Langkah – langkah perbaikan :

  1. Meyusun skenario Rencana Perbaikan Pembelajaran sesuai dengan masalah yang ditetapkan.
  2. Menggunakan metode observasi
  3. Mempersiapkan alat, bahan dan media pembelajaran.
  4. Menyusun pedoman pengamatan aktivitas siswa
  5. Menyusun pedoman pengamatan bagi kegiatan guru dalam mengajar

 

  1. Pelaksanaan
  2. Kegiatan Awal ( 10 Menit )
  3. Memotivasi siawa dengan memberikan pertanyaan.
  4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
  5. Kegiatan Inti ( 50 Menit )
  6. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang fungsi akar, dengan cara mengamati akar tumbuhan yang ditunjukkan oleh guru.
  7. Salah satu siswa diminta maju untuk mengamati bagian-bagian akar lebih dekat serta mencatat bagian-bagian akar dan fungsinya.
  8. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis akar.
  9. Siswa mengerjakan lembar evaluasi yang diberi oleh guru.
  10. Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
  11. Tanya jawab tentang materi, kemudian bersama-sama menyimpulkan materi.
  12. Guru memberikan penguatan dengan memberi tugas mandiri.

Tugas pengamat disini adalah mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru dan  keaktifan/ keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran.

  1. Pengumpulan Data

Tahap pengumpulan data dilaksanakan  oleh peneliti selaku guru kelas IV, bersama dengan teman sejawat. Data penelitian yang dikumpulkan yaitu data hasil evaluasi

 

  1. Refleksi

Pada tahap refleksi data-data dikumpulkan dan di analisis. Dari hasil tersebut, peneliti dapat melihat seberapa jauh peningkatan pemahaman  tentang akar  siswa dan peningkatan kemampuan bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Hasil refleksi ini akan di gunakan untuk mengadakan perbaikan pada siklus II.

 

  1. Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus II
    1. Perencanaan

Pelaksanaan tindakan pada siklus ini didasarkan pada hasil refleksi dan hasil analisis peneliti bersama teman sejawat terhadap proses pembelajaran pada siklus I. Maka perencanaan ulang perbaikan pembelajaran siklus II dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang akar.

Perencanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II mencakup hal -hal sebagai berikut :

  1. Menyusun Rencana Perbaikan Pembelajaran ( RPP ) siklus II, perencanaan perbaikan pada siklus II pada dasarnya sama dengan siklusI, hanya terjadi perubahan pada langkah-langkah pembelajaran, evaluasi dan instrumen pengamatan.
  2. Menyiapkan soal latihan yang akan digunakan siswa untuk mengukur keberhasilan selam proses perbaikan pembelajaran

 

  1. Pelaksanaan
  2. Kegiatan Awal ( 10 Menit )
  3. Memotivasi siawa dengan memberikan pertanyaan.
  4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini
  5. Guru Menkondisikan siswa untuk membentuk kelompok dengan cara mengambil kartu warna secara acak, bagi siswa yang warna kartunya sama di minta berkumpul membentuk sebuah kelompok
  6. Kegiatan Inti ( 50 Menit )
  7. Siswa diajak keluar dari ruang kelas dan diminta memperhatikan penjelasan dari guru tentang fungsi akar, dengan cara memperlihatkan akar tumbuhan yang ada disekitar lingkungan sekolah
  8. Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru tentang fungsi akar.
  9. Siswa diminta mencari akar tumbuhan yang berada di disekitar lingkungan sekolah serta mengamati bagian-bagian akar dan fungsinya
  10. Siswa mengerjakan lembar kerja kelompok.
  11. Masing-masing kelompok berdiskusi dengan bimbingan dan penjalasan dari guru.
  12. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.

 

  1. Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
  2. Tanya jawab tentang materi, kemudian bersama-sama menyimpulkan materi.
  3. Guru memberikan penguatan dengan memberi tugas mandiri

Tugas pengamat disini adalah mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru dan  keaktifan/ keikutsertaan siswa dalam proses pembelajaran.Dengan instrumen terlampir.

  1. Pengumpulan Data.

Tahap pengumpulan data dilaksanakan  oleh peneliti selaku guru kelas IV, bersama dengan teman sejawat. Data penelitian yang dikumpulkan yaitu data kerja kelompok dan data hasil evaluasi

  1. Refleksi

Dalam tahap ini peneliti bersama teman sejawat melakukan analisis terhadap hal-hal yang telah dicapai, kendala dan dampak perbaikan pembelajaran terhadap siswa pada siklus II. Refleksi dilakukan berdasarkan data yang diperoleh peneliti bersama teman sejawat guru dari catatan hasil kerja kelompok, hasil evaluasi dalam proses maupun akhir pembelajaran.

Baca Kata Pengantar PTK

Bagikan dengan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *